Selasa, 15 November 2016

Tips Cara Memulai Belajar Bahasa Arab

Tips Cara Memulai Belajar Bahasa Arab 


A. Definisi Bahasa
      bahasa adalah rangkaian bunyi (yang diatur oleh ketentuan) yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar untuk menyalurkan sebuah pikiran, perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan.

B. Bahasa Dari Segi Penuturnya
      Bahasa dari  segi penutur terbagi kepada dua :
1. Bahasa Ibu
Bahasa ibu adalah bahasa asli, bahasa yang pertama kali dipelajari oleh seseorang dan orang tersebut penutur nya
2. Bahasa Asing
Bahasa asing adalah bahasa yang dipelajari oleh seseorang setelah bahasa aslinya dan orang tersebut bukan penutur nya yang asli.

C. Bahasa Yang Banyak Dipelajari.
      Ada beberapa bahasa yang banyak dipelajari di dunia :
1.Bahasa arab
2.Bahasa Inggris
3.Bahasa mandarin
4.Bahasa hindu
5.Bahasa spanyol
6.Bahasa rusia
7.Bahasa bangali
8.Bahasa mandarin
9.Bahasa indonesia
10.Bahasa portugis
11.Bahasa prancis
12.Bahasa japanese
13.Bahasa korean

D. Keterampilan Bahasa
  Dalam mempelajari bahasa itu ada 4 skill :
1.skill membaca
2.skill berbicara
3.skill menulis
4.skill mendengar
   Tapi sayangnya hanya sedikit orang yang bisa menguasai ke 4 skil tersebut bahkan, penutur bahasa asli pun belum tentu bisa kecuali dengan mempelajarinya.

E. Komponen Bahasa
      Bahasa tererdiri dari kaidahkosakata dan susunan. maka berdasarkan 3 komponen tersebut orang menjadikannya awal tahapan dalam belajar bahasa khususnya bahasa asing, seperti bahasa arab mereka juga memulai nya dari tiga tahapan yaitu:

1.Tahapan Qawaid
      Ada sebagian orang yang belajar bahasa Arab mulai dari qawaid (khususnya Nahwu --tentang mubtada-khabar, tentang perubahan harakat akhir sebuah kata-- dan Sharaf --tentang perubahan kata dari satu fi`il ke fi`il yang lain, atau ke isim, atau sebaliknya,dll)... Mereka terus menggali dan menggeluti setiap tahapan bahasan tentang qawaid ini.. Mereka bisa menjadi ahli tata bahasa (qawaid) Arab... bisa menjadi ahli tentang teori gramatika bahasa Arab... Mereka bisa menjawab pertanyaan tentang teori-teori gramatis Arab..
 
2. Tahapan Kosakata 
      Ada sebagian lagi yang memulai belajarnya dari mufradat... Mereka menghafal dan menghimpun banyak kosakata di kepalanya, kemudian mencobamembuat berbagai kalimat dari mufradat-mufradat tersebut... Mereka bisa memiliki
banyak mufradat yang banyak di hafalannya... Jika ditanya apa bahasa Arabnya sesuatu, mereka bisa menyebutkannya... Mereka bisa kaya mufradat...

3. Tahapan Susunan 
      Tetapi ada juga yang mulai tahapan belajarnya dari ta`bir (ungkapan), tarkib (susunan kalimat) atau uslub (gaya bahasa)... Baik tentang cara bertanya, menjawab, membuat pernyataan, memperkaya ungkapan dan cara menyampaikan gagasan, tahapan demi tahapan... Dibekali dengan berbagai mufradat dan qawaid fungsional dan aplikatif, mereka mengasah linguistic skill-nya

Tidak ada komentar: